2/24/2013

Hikmah dari Kisah Jibril dan Fir'aun

BidikSerp Blogspot: Hikmah dari Kisah Jibril dan Fir'aun. Dalam riwayat diceritakan, bahwa Malaikat Jibril tidak dapat tertawa untuk beberapa lama, bahkan bersedih, karena disaat Fira'un tenggelam di lautan lalu Jibril atas inisiatif sendiri tanpa perintah Allah SWT. telah menyumbat mulut Fira'un dengan lumpur
Mari kita simak hikmah apa yang bisa kita ambil dari sebuah kisah tindakan Malaikat Jibril terhadap Fir'aundi bawah ini. Sebelumnya, simak pernyataan hadist berikut;
Ada beberapa hadist nabi yang mengatakan, "umat kafir yang tertindas dan terjajah haknya pun bakal didengar doanya oleh Allah SWT".

Dari Anas bin Malik berkata: "Rasulullah SAW bersabda: 'Berhati-hatilah kalian dari doa orang teraniaya meskipun kafir, karena doa yang diucapkannya tiada penghalang'".

Hal itu yang dalam riwayat diceritakan, bahwa Malaikat Jibril tidak dapat tertawa untuk beberapa lama, bahkan bersedih, karena disaat Fira'un tenggelam di lautan lalu Jibril atas inisiatif sendiri tanpa perintah Allah SWT. telah menyumbat mulut Fira'un dengan lumpur, sambil berkata "Apakah sekarang kamu baru mau bertobat, padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan".

Semenjak kejadian itu lalu Jibril AS. Bersedih dan tidak dapat tertawa, karena dia takut jika Allah  akan memberikan rahmat kepada Fira'un, dan menghukum Jibril atas kelancangannya.

Lalu Jibril baru bisa tertawa dan bergembira, ketika Allah mengutusnya menyampaikan ayat, yang berupa wahyu Allah berikut ini kepada Rasulullah Muhammad SAW. Karena Jibril mengetahui apa yang telah dilakukannya mendapat keridhoan Allah SWT.

Berikut ayat yang membuat hati Jibril menjadi tenang tersebut;
"Apakah sekarang (baru kamu percaya), padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan." (Q.S. Surat Yunus : 91)

Oleh Nanank melalui grup di facebook

Related Posts: Hikmah dari Kisah Jibril dan Fir'aun

Popular Posts