1/10/2014

Penyebab Berat Beribadah dan Mudah Bermaksyiat

BidikSerp Blogspot: Penyebab Berat Beribadah dan Mudah Bermaksyiat . Sudahkah anda mengetahui apa-apa saja faktor yang menyebabkan manusia malas atau dan berat beribadah dan mudah bermaksyiat? ini jawabannya.
Salah satu faktor penyebab kita begitu berat untuk melakukan ibadah seperti sholat, dzikir dan lainnya adalah makanan syubhat dan haram yang masuk ke perut kita.

Setiap insan muslim khususnya pribadi saya sendiri, pasti pernah merasakan begitu berat untuk melakukan ibadah, ternyata setelah mengintropeksi diri diketahui bahwa kita telah memakan makanan haram atau dengan harta haram.

Ibrahim bin Adham Rahimahullah berkata, “Aku melihat seorang yang beribadah menjadi berat dalam sholatnya lalu aku merenungkannya maka aku berkesimpulan bahwa itu disebabkan tidak bersihnya makanan yang dimakannya. Seandainya ia makan yang halal maka tidak akan ada beban dalam sholatnya“.

Orang yang makan dari harta haram, niscaya dia akan melakukan ibadah dengan terpaksa, terkadang berani meninggalkan ibadah wajib seperti sholat. Setelah itu berangsur-angsur dia akan melakukan perbuatan maksyiat lainnya, demikian seterusnya.

Oleh sebab itu Sahl at-Tusturi rahimahullah berkata : "Barangsiapa yang makan makanan haram, maka anggota tubuhnya akan bermaksyiat mau tidak mau, diketahui ataupun tidak. Dan baransgiapa yang makan makanan halal, maka anggota tubuhnya akan ta'at mau tidak mau, diketaui ataupun tidak. Dan dia akan diberi taufiq untuk berbuat kebaikan ".

Ulama salaf mengatakan : " Makanlah semaumu, maka kau akan berbuat sesuai apa yang kau makan ".

Related Posts: Penyebab Berat Beribadah dan Mudah Bermaksyiat

Popular Posts